Tipe dan Dasar Penelitian

Tipe dan Dasar Penelitian
Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana  kantor kecamatan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pelayanan khususnya menyangkut pelayanan adminstarasi petanahan serta pola komunikasi dengan organisasi-organisasi pemerintah  dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang.
Dasar Penelitian ini adalah pengamatan yang memfokuskan masalah pada tugas pemerintah kecamatan sebagai pelayan publik, serta sebagai pemegang pelimpahan wewenang dari kabupaten dan kota, serta bagian pemerintah yang memiliki fungsi koordinasi dengan BPN sebagai pelayan administrasi pertanahan di kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang.
 Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang dipergunakan dalam mendukung penulisan ini adalah data primer dan data sekunder yang penulis peroleh melalui teknik pengumpulan data yaitu :
Data primer
Data yang diperoleh dari hasil :
a. Teknik interview atau wawancara yaitu melakukan wawancara baik secara mendalam maupun secara bebas kepada subjek penelitian dengan menggunakan daftar pertanyaan serta dibantu dengan recorder. 

Pemilihan subjek dengan metode pilihan sengaja (purposive sampling) sebagai orang yang dianggap betul-betul memahami realitas yang terjadi, yakni antara lain : 

a. Camat selaku pemimpin di Kantor kecamatan :1 orang 

b. Sekretaris camat : 1 orang 

c. Staf Kecamatan : 4 orang 

d. Kepala BPN : 1 orang 

e. Staf BPN : 4 orang 

f. Lurah/ Kades di Kecamatan watang Sawitto : 4 orang 

g. Masyarakat Terkait :15 orang 

Jumlah : 30orang 

b. Teknik Observasi yaitu dengan melakukan pengamatan langsung untuk mengumpulkan data tentang pembangunan yang terjadi. 

1. Data sekunder 
Data diperolah melalui studi pustaka (Library Search) yaitu mengambil data dari sejumlah buku, literatur, internet, maupun perundang-undangan


Teknik Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data yang akurat dan relevan dan dapat dipertanggung jawabkan maka penulis menggunakan beberapa teknik dalam pengumpulan data karena masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Wawancara/interview, beberapa surveimelalui pertanyaan tertulis dan tes, kriteria dan dokumentasi, yaitu melakukan penelusuran terhadap berbagai dokumen yang sudah ada, seperti Kecamatan Watang Sawitto Dalam Angka BPS, Perda Kabupaten Pinrang, dan Profil Kecamatan Watang sawitto  serta hasil penelitian yang sudah ada.
 Analisis Data
Data yang terkumpul akan dianalisa secara Deskriptif dengan pendekatan kualitatif sesuai jumlah variabel yang dijadikan indikator dalam penelitian ini dan didukung dengan data sekunder .Untuk menganalisis fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
Pertama, Reduksi data yaitu melakukan penyusunan data yang diperoleh, kemudian ditentukan data yang sesuai dengan penelitian ini dengan pengklasifikasian yang ada. Sementara data yang kurang relevan dikesampingkan. Data-data yang sesuai tersebut berkaitan dengan masalah utama yang teridentifikasi.
Kedua, dari kompleksitas data yang penting dan relevan di atas, kemudian dilakukan pengklasifikasian data dalam beberapa titik tekan persoalan munculnya. Pada tahap inilah dibahas pendekatan-pendekatan teori untuk memahami dan meneliti perilaku dalam penelitian ini diterapkan.
Ketiga, dilakukan pengolahan data secara kualitatif. Dalam tahapan ini setiap data diberikan pengertian sehingga mudah untuk dipahami. Pengertian ini dimaksudkan untuk menganalisis inti pemikiran yang ada dalam data. Terakhir, dilakukan penyimpulan ringan sebagai langkah awal untuk membuat kesimpulan akhir dari penelitian ini. Kerangka konsep yang menyangkut beberapa faktor yang mempunyai kecenderungan digunakan sebagai asumsi-asumsi untuk menghasilkan kesimpulan-kesimpulan sementara dalam penelitian ini. Penggabungan antara kerangka konsep dan teori-teori yang ada dengan kondisi obyektif hasil penelitian kemudian dijadikan pedoman untuk melakukan penyimpulan akhir dalam penelitian ini.

Tipe dan Dasar Penelitian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hakim Simanjuntak

0 komentar:

Post a Comment