Jenis Persediaan Dalam Perusahaan


Tujuan Kegiatan Pembelajaran 11
Adapun tujuan pembelajaran pada sub kompetensi ini adalah :
1. Mahasiswa memahami tipe-tipe persediaan
2. Mahasiswa mampu menentukan tingkat persediaan yang optimal
3. Mahasiswa memahami sistem pengendalian persediaan

Materi 11
Terdapat tiga jenis persediaan dalam perusahaan, yaitu (1) persediaan bahan baku, (2) persediaan barang dalam proses, dan (3) persediaan barang jadi. Penyebab timbulnya persediaan tersebut karena tidak sinkronnya permintaan dengan penyediaan dan waktu yang digunakan untuk memproses bahan baku. Untuk menjaga keseimbangan permintaan dengan penyediaan bahan baku dan waktu proses diperlukan persediaan. Oleh karena itu terdapat empat faktor yang dijadikan sebagai fungsi perlunya persediaan, yaitu faktor waktu, faktor ketidakpastian waktu datang, fungsi ketidakpastian penggunaan dalam pabrik dan faktor ekonomi.

Tujuan manajemen persediaan adalah untuk menyediakan jumlah bahan baku yang tepat, lead time yang tepat dan biaya minimum. Biaya persediaan didasarkan pada parameter ekonomis yang relevan dengan jenis biaya persediaan di dasarkan pada parameter ekonomis yang relevan dengan jenis biaya sebagai berikut:
1.  Biaya pembelian (purchase cost), adalah harga per unit apabila item dibeli dari pihak luar atau biaya produksi per unit apabila diproduksi dalam perusahaan.
2.  Biaya pemesanan (order cost/set-up cost), adalah biaya yang berasal dari pembelian pesanan atau biaya persiapan (set-up cost) apabila item diproduksi dalam pabrik.
3.  Biaya penyimpanan (carrying cost/holding cost), adalah biaya yang dikeluarkan atas investasi dalam persediaan, biaya pemeliharaan persediaan, dan biaya investasi sarana fisik untuk menyimpan persediaan.
4.  Biaya kekurangan persediaan (stockout cost), adalah konsekuensi ekonomis apabila terjadi kekurang dari luar perusahaan maupun dari dalam perusahaan.
Pertanyaan mendasar yang harus dijawab dalam sistem persediaan adalah “berapa banyak” (jumlah pemesanan) dan “kapan” melakukan pemesanan. Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut sangat tergantung pada parameter seperti: permintaan atau kebutuhan bahan baku, biaya persediaan dan tenggang waktu.
Jumlah pemesanan yang dapat meminimumkan total biaya persediaan dapat ditentukan dengan model Economic Order Quantity (EOQ) dengan formulasi sebagai berikut.
EOQ =
R  =   jumlah kebutuhan dalam unit
C  =   biaya pemesanan setiap kali pesan
H  =   biaya simpan per unit 
thumbnail
Judul: Jenis Persediaan Dalam Perusahaan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Pengetahuan :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz