Pengertian Besaran Pokok Dan Besaran Turunan

Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pembelajaran Konvensional

Dalam pembelajaran konvensional dikenal pula adanya belajar kelompok. Meskipun demikian, ada sejumlah perbedaan antara kelompok belajar kooperatif dengan kelompok belajar konvensional . 
Besaran Pokok Dan Besaran Turunan
Dalam ilmu fisika pengukuran dilakukan dengan membandingkan nilai besaran yang diukur dengan besaran yang sejenis yang digunakan sebagai satuan.Pengukuran menyangkut dua hal yakni besaran dansatuan.Secara umum besaran adalah sesuatu yang dapat diukur. Didalam fisika,besaran memiliki arti yang lebih spesifik lagi, yaitu sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka eksak. Nilai dari sutu besaran, misalnya tinggi badan dinyatakan dalam sebuah satuan, yang dituliskan mengikuti nilai besaran tersebut. Misalnya,pengukuran tinggi badan dinyatakan dengan 150 cm (centimeter). Angka 150 disebut sebagai nilai besaran, sedangkan centimeter disebut sebagai satuan.
Pada tahun 1960 dalam The Elevent General Conference on Weight and Meansure (Konferensi umum ke-11 tentang ukuran ) yang diselenggarakan di Paris, ditetapkan suatu system satuan internasional yang disebut system SI (singkatan dari Sistem Internasional). Sistem satuan SI meliputi besaran pokok dan besaran turunan, yang dinyatakan dalam satuan pokok dan turunan.
Besaran Pokok
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu.Besaran pokok merupakan besaran yang sangat mendasar dan diperoleh melalui pengukuran. Besaran pokok tidak berasal dari besaran lain. Berdasarkan system satuan SI,ada 7 besaran pokok dalam fisika seperti yang tercantum dalam tabel.
Besaran Pokok dan Satuannya
Besaran Pokok
Lambang
Satuan dalam SI
Singkatan Satuan
Panjang
M
Meter
m
Massa
Kg
Kilogram
kg
Waktu
S
Sekon
s
Suhu
K
Kevin
K
Kuat Arus
A
Ampere
A
Intensitas Cahaya
Cd
Candela
cd
Jumlah mol
Mol
Mole
mol
Besaran Turunan
Besaran turunan adalah besaran yard diturunkan atau dirumuskan dari satu atau lebih dari besaran pokok.Dengan demikian satuan dari besaran turunan diperoleh dari penurunan satuan besaran-besaran pokok.
Besaran Turunan dan Satuannya dalam SI
Besaran Turunan
Satuan SI
Singkatan
Massa jenis
Kg/m3
Kg/m3
Percepatan
m/s2
m/s2
Gaya
Newton
N
Tekanan
Pascal
Pa
Energy
Joule
J
Daya
Watt
W

Konversi Satuan
Konversi satuan adalah mengubah satuan tertentu kesatuan lebih besar atau lebih kecil dengan catatan tidak mengubah nilai karena perubahan hanya terjadi pada nama satuan. Berikut ini adalah konversi dari satuan panjang, massa, volume, dan waktu.
1.      Konversi satuan panjang
1 km = 1000m = 1 x 10 x 10 x 10 m = 103m
1 cm = 0,01 m = =  = =  = 10² m
1 mm = 0,001 = =  = =  = 10³ m
2.      Konversi satuan massa
1 kg = 1000 gr
1 gr = 0,001 kg = 10³ kg
1 mg = 0,000001 kg = 10⁻⁶kg
3.      Konversi satuan waktu
1 jam = 60 menit = 3600 detik
1 menit = 60 detik
4.      Konversi satuan volume
1 m3 = 1.000.000 cm3 = 106cm3
1 dm3 = 1000 cm3 = 1 liter(L)
1 m3 = 1000 liter

Pengertian Besaran Pokok Dan Besaran Turunan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hakim Simanjuntak

0 komentar:

Post a Comment