Macam-macam peralatan / mesin kantor

Macam-macam peralatan / mesin kantor

Mesin perkantoran (office machine) adalah segenap alat yang di pergunakan untuk mencatat, mangirim, mengganda dan mengelola bahan keterangan yang bekerja secara mekanis, elektris, elektronik, magnetic, atau secara kimiawi. Macamnya mesin perkantoran ini banyak sekali dan tampaknya terus bertambah sejalan dengan kemajuan teknologi modern. Beberapa macam yang cukup umum ialah :
  1. Mesin ketik (typewriter)
  2. Mesin dikte (dictating machine)
  3. Mesin hitung (calculating machine)
  4. Mesin keperluan surat menyurat (mailing equipment)
  5. Mesin pengganda warkat (ducplicator/copier)
  6. Mesin komunikasi (communication equipment)
Tata ruang kantor yang di susun secara baik menurut pedoman-pedoman dalam Bab XI di muka akan tampak lebih rapi apabila perabot kantornya seragam. Tataruang itu juga akan memperlancar pelaksanaan kerja perkantoran apa pun bilamana perabotny76a memenuhi syarat-syarat sfisiensi ruang dalam bentuk yang tepet.
Perabot kantor yang alam bahasa inggris disebut office furnishings atau office furniture biasanuya meliputi meja tullis dengan kursinya, lamari arsip dan perlengkapan untuk menyimpan warkat-warkat lainnya, maja biasa, rak, lemari besi, dan perabot lainnya semacam itu. Di Indonesia perabot kantor itu hamper seluruhnya masih di buat dari kayu, sedang di luar Negeri umumnya terbikin dari baja atau metal lainnya.
Dua macam perabot kantor yang tentu di miliki dan yang paling banyak dipergunakan dalam setiap kantor adalah maja tulis (termasuk pula meja ketik) dan kursinya. Oleh karena itu hal ikhwal meja dan kursi kerja itu perlu mendapat penelaan secukupnya terutama mengenai segi-segi ukuran, bentuk, dan pertalianya dengan luas lantai yang perlu di sediakan.
Meja tulis yang baik hendaknya memenuhi syarat-syarat yang berikut :
1)    Dari permukaan meja sampai lantai tiak seluruhnya tertutup. Bagian bawahnya mempunyai kaki-kaki yang cukup terbuka. Dengan demikian peredaran udara dapat berlangsung secara lancar dan bagian kaki pegawai yang mamakainya tidak terasa panas. Juga meja kerja yang terbuka bagian bawahnya memudahkan pembersian lantai.
2)    Permukaan meja tidak berkilat-kilat sehingga apat menyilaukan mata dan pegawai yang memakainya. Permukaan itu hendaknya tidak berwarna hitam atau terlampau gelap, malainkan sebaiknya diberi warna muda dan terang. Pertentangan yang tajam antara warna meja yang gelap dan warna kertas yang umumnya putih mudah melahkan mata dari pegawai.
3)    Luas meja tidak perlu terlampau berlebihan. Permukaan yang terlampau luas dalam prakteknya jua tidak di pergunakan untuk bekerja. Bahkan biasanya lalu menjadi tempat untuk menumpuk berkas-berkas atau benda-benda lainnya yang mestinya di simpan dalam lemari atau pada rak sedndiri.
Contoh-contoh bermacam-macam meja kantor.
  1. Meja tulis biasa.
  2. Meja tulis dengan laci ganda.
  3. Meja tulis yang dapat di ubah menjadi meja ketik.
  4. Setelah permukaan dipindahkan dan mesin ketik di munculkan.
  5. Meja kerja khusus dengan perlengkapan tambahan.
  6. Meja kerja pejabat pimpinan.
Untuk mengukur maja kantor telah lajim digunakan 3 satuan hitung, yaitu lebar (width), dalam (depth)dan tinggi (height) :
§             Lebar             :ialah jarak yang panjang dari suatu tepi permukaan meja ke tepi seberangnya. Apabila dilihat darit tempat duduk pegawai yang memakai meja itu, jarak ini adalah lebar meja dari arah tangan kiri ke tangan kanannya.
§             Dalam            :ialah jarak yang pendek dari tepi bagian depan permukaan meja    sampai tepi bagian belakagnya. Bagian depan (front)dari sesuatu meja tulis ialah bagian yang termasuk lingkungan tempat dudik pegawai yang memaakai meja itu.
§             Tinggi            :ialah jarak dari permukaan meja yang di pakai untuk bekerja sampai ke lantai.

Macam-macam peralatan / mesin kantor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hakim Simanjuntak

0 komentar:

Post a Comment